STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PaDi UMKM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.38Kata Kunci:
Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Brand Awareness, PaDi UMKMAbstrak
Tulisan ini adalah hasil penelitian tentang strategi komunikasi pemasaran PaDi UMKM dalam meningkatkan brand awareness. PaDi UMKM menggunakan Instagram untuk menyebarkan segala informasi terkait operasional dan kegiatan sosialnya kepada masyarakat melalui media social campaign, pembuatan konten-konten yang menarik dan juga sosialisasi PaDi UMKM. Komunikasi pemasaran yang dilakukan PaDi UMKM untuk meningkatkan brand awareness lebih menitikberatkan pada kegiatan komunikasi pemasaran di media sosial dan internet. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Dalam kegiatan wawancara, peneliti mewawancarai beberapa informan dengan tujuan bisa mendapatkan informasi atau data yang sesuai data yang akan diteliti. Selain itu, guna menunjang penulisan karya ilmiah ini peneliti menggunakan konsep komunikasi pemasaran yang berhubungan, terutama model brand awareness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya ini telah memberikan hasil positif pada brand awareness PaDi UMKM. Walaupun belum mencapai top of mind pada masyarakat luas tapi PaDi UMKM diperhatikan oleh khalayak sasarannya. Beberapa elemen yang menjadi kriteria untuk mencapai tujuan awareness menggunakan media sosial ialah jumlah followers, likes, comment dan mention.