ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS PADA PD PRODIASA AHASS 12743 MOTOR KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.41Kata Kunci:
Business Model Canvas, Bisnis, Business Model Canvas MotorAbstrak
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui lebih dalam mengenai Business Model Canvas pada PD PRODIASA AHASS 12743 MOTOR KARAWANG, yang mana awalnya PD PRODIASA belum membuat Business Model Canvas. PD PRODIASA merupakan bisnis keluarga yang bergerak dibidang penjualan dan servis kendaraan bermotor roda dua Honda. PD PRODIASA didirikan sejak 1993. Perusahaan ini sudah berdiri selama 29 tahun, dan terus beroperasi hingga saat ini. PD PRODIASA menjual kendaraan bermotor roda dua bermerek “HONDA”. PD PRODIASA juga menyediakan jasa servis motor Honda. PD PRODIASA beralamat di Jl. Raya Bedeng No. 22, Rengasdengklok, Karawang. Model usaha yang dijalankan oleh PD PRODIASA bersifat B2C (Business to Consumer). Sumber data dari penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan melalui wawancara secara langsung terhadap narasumber. Dalam penelitian ini memanfaatkan metode Business Model Canvas dalam melakukan analisis terhadap PD PRODIASA AHASS 12743 MOTOR KARAWANG. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PD PRODIASA AHASS 12743 MOTOR KARAWANG sudah menjalankan bisnis dengan baik dan terstruktur, namun ada beberapa tambahan yang kami berikan dan kami berharap dapat bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis PD PRODIASA AHASS 12743 MOTOR KARAWANG sehingga dapat meningkat dan memberikan profit yang lebih besar sebelum menerapkan nya (Business Model Canvas) BMC yang baru. Diharapkan dari hasil analisis ini dapat membantu PD PRODIASA untuk terus berkembang dalam menjalankan bisnisnya dan mendapatkan lebih banyak keuntungan demi keberlangsungan siklus bisnis yang baik.