KAJIAN IMPLEMENTASI MODEL CIRCLE PUBLIC RELATIONS & COMMUNICATION DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BUDAYA PADA ANAK MELALUI PROGRAM KIDS CORNER MUSEUM NASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.82Kata Kunci:
Kids Corner, Museum Nasional RI, Model Circle Public Relations Programming and Communication.Abstrak
Artikel ini berisikan hasil penelitian yang terkait dengan ilmu komunikasi, budaya, dan kepariwisataan.
Penelitiannya adalah tentang kehadiran program Kids Corner di Museum Nasional Republik Indonesia
yang merupakan salah satu program kerja dari bagian hubungan masyarakat Museum Nasional RI.
Penelitian ini menguji program Kids Corner menggunakan Model Circle Public Relations Programming
and Communication dari Rosadi Ruslan; hendak mencari tahu apakah penerapan model ini dapat
menciptakan minat belajar budaya pada anak untuk menjadikan budaya Indonesia sebagai warisan yang
berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan tujuan terciptanya minat belajar budaya pada anak ini dapat
tercapai ketika Humas Museum Nasional RI menggunakan Model Circle Public Relations Programming
and Communication dalam proses kerja mereka. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif
deskriptif. Data didapatkan dari hasil observasi dan wawancara kepada pihak Museum Nasional dan
kalangan anak pengguna Kids Corner dan orangtuanya