Dua isu mencuat dalam diskusi webinar seri #1 yang digelar Prodi MIK Usahid Sabtu, 30 Januari 2021 dengan topik “Menjadi Master dalam Dunia Public Relations dan Marketing Communications” dipandu moderator Dr. Hayu Lusianawati – Ka. Prodi Ilmu Komunikasi Fikom Usahid.
Isu pertama, membangun kompetensi. Dian Agustine Nuriman, M.IKom, CEO Umang Island Resort Hotel cerita tentang cara agar piawai (master) dalam profesi PR dan Marcom yang keduanya beririsan di dunia praktis. Miliki kompetensi strategis, antara lain mampu menyusun Strategi PR dan Marcom, sampai mahir dalam hal-hal teknis terkait penanganan event.
Menurut akademisi yg sdh 20 tahun jadi praktisi komunikasi ini, kompetensi melek digital jadi penting saat ini.
Isu kedua terkait karir diungkap narsum kedua, Jessica Nathania, S.S. yg pernah kerja di event organizer dan kini menangani PR & Marcom produk retail baby & mother. Ia mengakui ilmu yg diperoleh (tiga semester) di Prodi MIK Usahid dapat diterapkan di tempat kerjanya utk menunjang profesi dan karirnya jelang lima tahun. Ia juga cerita tentang suasana kekeluargaan kuliah offline dengan keragaman kuliner di sekitar kampus Sahid Sudirman Residence. Setahun terakhir ini kuliah secara online di MIK Usahid.