Komunikasi adalah studi interdisipliner yang unik karena Program Studi ini mengkaji proses komunikasi manusia mulai dari konseptualisasi ide, penyampaian, pesan yang disampaikan hingga penerimaan pesan secara verbal atau non-verbal. Mahasiswa/i akan belajar tentang bagaimana berkomunikasi secara efektif baik secara langsung (tatap muka) maupun melalui berbagai media (media massa, elektronik, digital, dll). Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Sahid memiiki beberapa piliha konsentrasi, diantaranya :
- Public Relations
Pada konsentrasi Public Relations (PR) kamu akan mempelajari bagaimana membentuk dan memelihara citra serta reputasi dalam suatu perusahaan/organisasi di tengah masyarakat. Dimana tugas seorang PR adalah mengelola hubungan komunikasi antara perusahaan dengan orang – orang di luar perusahaan (eksternal) seperti masyarakat, pemerintah, investor, juga antara perusahaan dengan orang – orang di dalam perusahaan (internal) yaitu karyawan. Konsentrasi ini sangat cocok untuk kamu yang suka tampil dan berinteraksi dengan banyak orang, prodi ini akan melatih kamu untuk menjadi kreatif, aktif dalam pergaulan, aktif dalam sosial media, memiliki rasa percaya diri tinggi, mandiri, serta vokal dan memiliki networking yang sangat luas. Prodi Humas pilihan yang tepat untuk kamu yang aktif, suka berorganisasi, supel dan suka menulis, dan kamu yang memilih prodi ini memiliki kepribadian yang menyenangkan dan mudah dekat dengan orang.
- Marketing Communication
Konsentrasi Marketing communication (Marcomm) atau disebut juga dengan Komunikasi Pemasaran, disini kamu akan mempelajari berbagai strategi mengenai komunikasi produk, organisasi/perusahaan, dan kepada khalayak/individu, bagaimana cara dalam melakukan negosiasi, lobbying dan periklanan, kamu juga akan belajar teknik berbicara dan menganalisa berbagai faktor dalam pemasaran perusahaan. Memilih konsentrasi ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu, karena disini kamu akan dilatih untuk menjadi kreatif, aktif dalam pergaulan, aktif dalam sosial media, memiliki rasa percaya diri tinggi, mandiri, serta vokal dan memiliki networking yang sangat luas.
- Journalism
Journalis merupakan pekerjaan yang keren dan menyenangkan, karena menjadi seorang jurnalis kamu akan lebih up to date terhadap suatu informasi, selain itu kamu akan sering bertemu dengan banyak orang sehingga membuat kamu memiliki networking yang luas. Selain menjadi jurnalis, kamu yang memilih prodi ini juga dapat menjadi news anchor di salah satu stasiun tv. Kamu yang memilih konsentrasi ini akan mempelajari banyak teknik yang berhubungan dengan jurnalistik, seperti mencari berita, menulis berita, meliput berita, menyunting berita dan memproduksi berita yang etis. Mahasiswa dengan prodi harus belajar memperkuat logika dalam membentuk data – data yang kamu dapatkan menjadi suatu tulisan yang berisi informasi yang mudah dicerna dan diterima oleh banyak orang.
Kurikulum
Kurikulum Public Relations :
- Digital PR
- Konsultan PR
- Manajemen Reputasi
- Global PR
- Manajemen Event
- Wirausaha Komunikasi Industri Pariwisata
Kurikulum Marketing Communication :
- Digital Marcomm
- Periklanan
- Manajemen Marcomm
- Konsultan Marcomm
- IMC/integrated marcom
- Communication and Branding
- Wirausaha Komunikasi Industri Pariwisata
Kurikulum Journalism :
- Pers Global Kontemporer
- Manajemen Industri Media
- Hukum dan Etika Pers
- Investigative Report
- News Presenting
- Wirausaha Komunikasi Industri Pariwisata