“FUN SYNERGY WITH MEDIA”, USAHID Gelar Media Gathering 2022

Loading

Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke 34 USAHID. Media Gathering berisi bincang santai bersama para narasumber yang expert di bidang media dan komunikasi, diadakan di Golden Dragon Restaurant Grand Sahid Jaya Hotel pada Senin 21 Maret 2022, memgundang 30 media nasional.  Dan Fun Synergy With Media tema yang diambil dalam media gathering kali ini.

Sebagai bentuk apresiasi kepada media yang turut andil dalam mempublikasikan kegiatan dan prestasi USAHID, sehingga membangun reputasi dan kepercayaan publik kepada USAHID.

Hadir dan memberikan sambutan Rektor Universitas Sahid – Prof. Dr. Ir. Kholil., M.Kom., IPU. Juga hadir Wakil Rektor I – Dr.  Ninin Gusdini, ST., MT, Wakil Rektor II – Dr. Titi Widaningsih, M.Si, Dekan FIKOM – Dr. Mirza Ronda, M.Si, Ka. Prodi Ilmu Komunikasi – Dr. Hayu Lusianawati, Ka. Dies Natalis ke 34 – Bernard Hasibuan, PhD, Ka. Pusat Pengembangan Pembelajaran BPMPP – Tanjung Prasetyo, MM, Ka. Prodi MIK SPS – Dr. Hifni Alifahmi dan para Dosen Komunikasi USAHID.

Media gathering selain menjamu media juga berisi bincang santai dan sharing session dengan tiga narasumber, yaitu Prabu Revolusi – Direktur Pemberitaan MNC Media Group yang juga mahasiswa S3 Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID, topik yang dibawakan memanfaatkan Konvergensi Media Televisi untuk Publisitas Kampus; Jojo S. Nugroho – managing Director IMOGEN PR/Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI),d dengan topik Media Relations yang Sinergis antara Media dan Kampus; dan Arif Zulkifli – DirekturUtama PT. Tempo Inti Media Tbk/Anggota Dewan Pers, topik yang dibawakan tentang Sinergi dan Kolaborasi Media dan Perguruan Tinggi yang Elegan.

Bincang santai dimoderatori Prima Alvernia – News Presenter TV One/ Alumni FIKOM USAHID.

Di akhir acara dilakukan penandatanganan MOU antara USAHID dengan PR IMOGEN dan Grand Sahid Jaya, kerjasama program merdeka belajar kampus merdeka, yang salah satu programnya adalah menerima mahasiswa USAHID untuk program magang.

Baca juga  Pelatihan Penulisan Proposal Bagi Mahasiswa

Diharapkan hubungan, sinergi dan kolaborasi yang sudah terjalin baik antara USAHID dengan media dapat semakin erat dan kuat. Sinergi ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, tidak saja untuk USAHID tetapi juga untuk media.

Potensi USAHID dapat dimanfaatkan, melalui keilmuan teknis ataupun pandangan-pandangan Dosen dan para pakar di USAHID untuk kepentingan masyarakat. Untuk itu penting bagi USAHID berkolaborasi dengan media agar informasi dan potensi yang dimiliki USAHID dapat diketahui, dipublikasi secara luas dan dimanfaatkan.

Rektor USAHID, Prof. Dr. Ir. Kholil, MKom, IPU dalam sambutan pada Media Gathering bertema ‘Fun Synergy with Media’ yang digelar Senin 21 Maret 2022 di Golden Dragon Restaurant Grand Sahid Jaya Hotel mengatakan kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan media sangat penting.

“Dengan menghadirkan media maka aktifitas kampus bisa disosialisasikan ke masyarakat. Selain itu USAHID yang juga memiliki Fikom untuk S1 hingga S3 sangat membutuhkan masukan dari kalangan media,”ungkap Rektor Kholil.

Kata Rektor, dengan kebijakan Pemerintah berupak MB KM – Merdeka Belajar Kampus Merdeka, maka USAHID bisa mengirimkan mahasiswanya untuk belajar secara otodidak di lapangan.

Arif Zulkifli – Direktur Utama PT. Tempo Inti Media Tbk/Anggota Dewan Pers, pembicara dengan topik tentang “Sinergi dan Kolaborasi Media dan Perguruan Tinggi yang Elegan” mengatakan saat ini sudah tidak relevan lagi memisahkan dengan sosmed dan media mainstream. Sosmed juga merupakan sumber berita dan kadang dikutip oleh media mainstream. “Dan ini merupakan dua karakter yang berbeda,”kata Azul.

Lanjut Azul, membicarakan media saat ini sudah tidak ada batas.Yang penting konten layak dipercaya, menyebarkan kebenaran bagi masyarakat.

Lebih lanjut Azul mengatakan Komisi Pengaduan Dewan Pers telah menerima 600-700 pengaduan dari masyarakat menyangkut kinerja media/pers.

Baca juga  OSMARU (Orientasi Mahasiswa Baru) Usahid Jakarta Tahun Akademik 2017/2018

Media massa saat ini kata Azul tidak dibreidel  maka harus mengemban fungsi etika. Pelanggaran etika banyak dilakukan media online akibat berkejaran dengan traffic, tuntutan untuk segera diakses. Saat ini jumlah media online sekitar 400 media online.

Dewan Pers tambah Azul menginisiasi Satgas Media Sustainability dan pemerintah telah keluarkan satu aturan yang memaksa flatform bayar pajak lebih besar kepada negara. Saat ini yang lagi hangat didiskusikan adalah publisher right. Platform membuka secara terbuka tentang algoritmanya.

“Draft PP Publisher Right ini bisa didiskusikan bersama, bisa dengan kampus USAHID,”kata Azul.

Sementara Jojo S. Nugroho-Managing Director IMOGEN PR/Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI), ketika membawakan topik “Media Relations yang Sinergis antara Media dan Kampus” mengatakan peran media relation sangat penting dan merupakan salah satu dari sekian banyak kompetensi yang sangat menentukan.

Lanjut Jojo, apa yang bisa diprovide dengan pihak kampus adalah story. “Pihak kampus harus membuat story-story yang bisa dijadikan sumber berita/feature yang menarik bagi medianya,”ujar Jojo.

Menurut Jojo, baik media, sosmed maupun metaverse yang Namanya raja itu konten. “Apapun kita harus membenahi diri dan kampus perlu bekali mahasiswa dengan konten yang relevan dan eye catching. Jadi, ini PR bersama dimana kampus sebagai produk narasi, akademis dimana banyak story yang bisa diolah dan akan dikonsumsi media,”lanjutnya.

Pembicara lainnya Prabu Revolusi – Direktur Pemberitaan MNC Media Group yang juga mahasiswa S3 Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID, membawakan bertema “Memanfaatkan Konvergensi Media Televisi untuk Publisitas Kampus” mengatakan menjadi seorang Citizen Journalism harus menjunjung pada Fact-Trut-Trust (Fakta-Kebenaran-Kepercayaan).

Persoalan kini adalah apakah kita akan bersaing dengan sosmed atau menuakan sosmed, karena kita yang membuat informasi, Kata Prabu, generasi Z, ngomongin milenial langsung ke sosial media.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

“FUN SYNERGY WITH MEDIA”, USAHID Gelar Media Gathering 2022

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top