WISUDA USAHID ke 50 T.A 2023/ 2024 Peranan Hukum Dalam Menghadapi Perubahan Iklim dan Perkembangan Blue Economy di Indonesia

Loading

Universitas Sahid kembali menggelar Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma III pada Sabtu 25 Mei 2024 di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Jakarta. Sesuai nilai inti Universitas Sahid yaitu Kewirausahaan & Kepariwisataan, wisuda kali ini mengangkat nuansa Papua sebagai bentuk dukungan untuk pemulihan pariwisata Indonesia yang menghadirkan tata panggung, lagu dan tarian khas Papua. Wisuda Usahid ke 50 yang mengangkat tema Peranan Hukum Dalam Menghadapi Perubahan Iklim dan Perkembangan Blue Economy di Indonesia menambah jumlah alumni USAHID yang kini berjumlah lebih dari 15.000 alumni.

Wisuda diikuti oleh 384 wisudawan yang terdiri dari 68 orang dari Pascasarjana meliputi 16 orang dari program Doktor Ilmu Komunikasi (S3); 40 orang dari program Magister Manajemen; 9 orang dari program Magister Ilmu Komunikasi (S2); 168 orang dari Fakultas Ekonomi & Bisnis meliputi prodi Manajemen 105 orang, prodi akuntansi 63 orang; 64 orang dari prodi Ilmu Komunikasi prodi S1​​Ilmu komunikasi ; 30 orang dari Teknik meliputi prodi Teknik Industri 12 orang, prodi Teknik Lingkungan 18 orang; 34 orang dari Teknologi Pangan & Kesehatan yang meliputi 25 orang prodi teknologi pangan; 9 orang dari prodi gizi dan 23 orang dari Fakutas Hukum.

Rektor Universitas Sahid, Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si dalam laporannya menyatakan beberapa perkembangan dan prestasi USAHID selama tahun 2024 ini, diantaranya mengomunikasikan izin 3 prodi baru, yaitu PS Pariwisata (S1), Magister Manajemen Lingkungan (S2) dan Magister Ilmu Hukum (S2), yang akan menerima mahasiswa baru mulai semester Gasal 2024/2025. Tentunya ini menjadi tonggak sejarah bagi Usahid. Usahid secara serempak melakukan pemutakhiran kurikulum guna meningkatkan daya saing lulusan, juga meningkatkan layanan terkait dengan penjaminan mutu, dengan bertransformasi menjadi sistem penjaminan mutu berbasis elektronik (E-SPMI) yang terintegrasi dengan SIAKAD dan mengacu pada Permendikbudristek No: 53 Tahun 2023. Transformasi ini merupakan salah satu upaya dalam mendorong keberhasilan Program Studi menuju akreditasi unggul.
Inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya melalui pembelajaran hybrid memberikan kesempatan akses yang lebih luas bagi siswa dalam belajar. Implementasi MOU antara Usahid dengan St John University Taiwan dilaksanakan program magang 2+2 bagi mahasiswa Teknik Industri dilanjutkan dengan Korea dan Uzbekiztan.

Dalam pengembangan SDM telah terjadi kenaikan jabatan fungsional yang signifikan dimana saat ini 100% dosen Usahid dengan masa bakti sebagai dosen > 2 semester telah memiliki jabatan fungsional. Tahun 2024 Usahid telah dianugrahi 2 Guru besar bidang manajemen dan hukum dan 2 Lektor kepala bidang Teknik Lingkungan. Menyusul 3 calon Guru besar untuk bidang manajemen, komunikasi dan teknologi pangan. Untuk kualifikasi dosen berdasarkan jenjang pendidikan S3 saat ini mencapai 46 % dan 60% dosen tetap Usahid telah memperoleh sertifikasi dosen.

Baca juga  Apresiasi Kreativitas Generasi Z di Era Digital, USAHID Kembali Membuka Beasiswa Influencer dan Content Creator : Panggilan kepada Tiktokers, Youtuber dan Selebgram

Pada Dies ke-36 ini, Usahid memberikan apresiasi kepada dosen, tendik, prodi dan fakultas yang memiliki kinerja terbaik. Untuk Kategori Dosen, Euis Widiyati, SE, MM dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Indikator penilaian terdiri dari Indeks Kinerja Proses Mengajar (IKPBM), aktivitas P2M yang ditandai dengan skor Sinta, aktivitas pengawalan dan keprofesian, dan prosentase kehadiran. Kategori tendik, Abdul Hasim, Amd dengan indikator penilaian prosentase kehadiran, keterlibatan dalam aktivitas di universitas, keterlibatan dalam kegiatan promosi dan penilaian atasan langsung. Untuk prodi dan diraih oleh PS Gizi dan Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, dengan indikator penilaian berupa pertumbuhan jumlah mahasiswa baru, jumlah mahasiswa aktif, jumlah mahasiswa lulus tepat waktu, jumlah keberhasilan studi Fakultas dan jumlah prestasi mahasiswa tingkat nasional dan internasional.

Dalam peningkatan fasilitas, Usahid telah melaksanakan moderenisasi ruang kuliah, peningkatan layanan perpustakaan usahid melalui integrasi dengan perpustakaan nasional.
Prestasi mahasiswa selama tahun 2023-2024 sebanyak 46 berhasil meraih prestasi di berbagai kompetisi tingkat nasional diantaranya Lomba Nuttisay, Amerta Nutrition Outstanding Student Award, Lomba Fotografi, Baca Puisi, Video Inspiratif, Art Competition Nutrifest 2023, Lomba Dietetic Contest, Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (OMIPA) dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kemendikbud.

Dalam aktivitas P2M dan publikasi, Usahid berhasil meningkatkan klaster PT dari klaster madya menjadi klaster utama. Hal ini memberikan peluang yang lebih luas bagi usahid untuk berkontribusi dalam pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain berkarya di tingkat nasional, Usahid telah mengembangkan kerjasama penelitian dengan Tsukuba University- Jepang untuk pengembangan rumput laut (rumput laut) dalam pengembangan ekonomi biru (blue economy).

Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema Peranan Hukum Dalam Menghadapi Perubahan Iklim dan Perkembangan Blue Economy di Indonesia telah menjadi isu kekinian pada saat ini, dan Usahid terus berupaya untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan potensi maritim dengan memperhatikan aspek hukum untuk kelautan. Kehadiran prodi baru dan kinerja Usahid menjadi bukti komitmen Usahid untuk mengembangkan potensi sumber daya alam secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat. Yayasan Sahid Jaya berkomitmen untuk terus mendorong Usahid meningkatkan mutu akademik sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mengikuti perkembangan arah global.

Yayasan Sahid Jaya juga memfasilitasi Universitas dalam melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ternama seperti Shinhan University, Tong Myoung University, Kyungdong University, Jungwon University Korea Selatan, International Islamic Academy of Urbekistan dan University of Tsukuba Japan. Kolaborasi dan kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas Tridarma Pendidikan Tinggi di Universitas Sahid

Baca juga  Kebaya Goes to Campus : Universitas Sahid Ajak Mahasiswa Bangga Berkebaya

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI berpesan kepada lulusan untuk terus meningkatkan hardskill dan softskill serta mengembangkan konsep 6C yakni Computational Thinking, Creative , Berpikir Kritis, Kolaborasi, Komunikasi & Kasih Sayang agar terciptanya lulusan yang kompeten dan mampu bersaing secara global.

Apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan wisuda ke 50 ini juga sampaikan kepada pimpinan lembaga pemerintahan dan pejabat publik antara lain, ucapan selamat wisuda secara virtual dari Presiden RI – Ir. Joko Widodo; Ketua MPR RI – H. Bambang Soesatyo, SE.MBA; Ketua DPR RI – Dr. (HC) Puan Maharani, S.Sos dan para Duta Besar RI.

Uraian perkembangan dan prestasi Universitas Sahid diharapkan dapat memperkuat keyakinan, bahwa wisudawan telah mengikuti proses pendidikan di lembaga pendidikan yang kredibel, dan dikelola dengan baik sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Pada acara Wisuda Universitas Sahid ke 50 ini juga diberikan Penghargaan kepada wisudawan terbaik yaitu ; Syaloom Mega Gabriela Matitaputty, SH (Fakultas Hukum) IPK 3,98; Julya Untari, S.TP (Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan/Teknologi Pangan) IPK 3,90; Fika Dwi Setianingrum, SIKom (S1 FIKOM) IPK 3,94; Dewi Kirana Sapta Mulyawati, ST (Fakultas Teknik/Teknik Industri) IPK 3,91; Laurensius Axel Prinasdika, S.AK. (Fakultas Ekonomi & Bisnis/Akuntansi) IPK 3,94; Tamara Putri, SIKom, MIKom (S2 Pascasarjana/Magister Ilmu Komunikasi) IPK 3,88; Diana Aulya, S.KM,MM. dari (S2 Pascasarjana/Magister Manajemen) IPK 3,95 dan Dr. Dwinanto Kurniawan, MIKom (S3 Pascasarjana/Doktor Ilmu Komunikasi) IPK 3,90.
Peraih Penghargaan Sahid University Award sebagai lulusan terbaik dari yang terbaik (the best of the best) dengan kriteria lulusan tepat waktu, indeks prestasi tertinggi dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan, Syaloom Mega Gabriela Matitaputty, SH dengan IPK 3.98 dari Fakultas Hukum.

Menutup Seraya nya Rektor mewakili tujuh civitas akademika Universitas Sahid mengucapkan atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi, dan berharap ilmu yang telah bermanfaat bagi keluarga dan Bangsa. Ucapan selamat juga disampaikan kepada orang tua wisudawan yang telah berhasil mengantarkan putra-putrinya menyelesaikan studi di Universitas Sahid menuju gerbang masa depan. Serta ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada orang tua untuk pendidikan putra-putrinya di Universitas Sahid sebagai Investasi Pendidikan Sukses Dunia Akherat. ###

 

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

WISUDA USAHID ke 50 T.A 2023/ 2024 Peranan Hukum Dalam Menghadapi Perubahan Iklim dan Perkembangan Blue Economy di Indonesia

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top