“BANGKIT DAN BERKARAKTER” USAHID GELAR OSMARU 2022

Loading

News presenter, jurnalis dan aktivis media social Indonesia skaligus founder Narasi – Najwa Shihab menjadi pembicara dalam OSMARU (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) Universitas Sahid, yang digelar secara ofline pertama kali pasca pandemic pada Rabu & Kamis, 7 – 8 September 2022. Najwa Shihab memberikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dengan tema, “ Bangkit dan Berkarakter ” di hadapan 700 mahasiswa baru yang di moderatori Chendy Liana, SIK., MIK – Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid.

Najwa Shihab menyatakan bahwa kampus perlu terus membuka diri pada perubahan dan beradaptasi dengan kebaruan agar belajar menjadi proses yang menyenangkan dan kreatifitas terus ditumbuh kembangkan. Mahasiswa yang akan mengharumkan Indonesia dengan karya. Najwa juga berpesan agar mahasiswa baru dapat berpikir jauh kedepan, menentukan prioritas, membuat terobosan, menjaga konsistensi, visioner, tidak melupakan kultur local dan bangga menjadi Indonesia ketika berselancar di dunia International. Masa depan harus disiapkan dari sekarang, bukan di nantikan. Mahasiswa adalah anak muda pilihan yang berkesempatan mereguk dalamnya sumur ilmu pengetahuan.

Sesuai core value Universitas Sahid yaitu Kewirausahaan & Kepariwisataan, OSMARU kali ini mengangkat nuansa Indonesia Timur sebagai bentuk dukungan untuk pemulihan pariwisata Indonesia yang menghadirkan ragam budaya dan tarian nusantara. Ketua Panitia OSMARU 2022 – Tanjung Prasetyo, S.E,MP (Ka. Pusat Pengembangan Pendidikan BPMPP), saat ditemui mengatakan bahwa tema Bangkit dan Berkarakter diartikan yakni Bangkit menjadi mahasiswa berprestasi dengan inovasi dan kreatifitas yang bermanfaat bagi masyarakat serta Berkarakter yang berkebangsaan dengan berciri kepariwisataan dan kewirausahaan.
OSMARU dimulai pada pukul 08.00 – 17.00 WIB dibuka dengan penayangan teaser welcome to Usahid dan wonderland Indonesia di lanjutkan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Usahid.

Baca juga  SOFT LAUNCHING PUSAT STUDI KOMUNIKASI & KEPARIWISATAAN INDONESIA (KOMPAR INSTITUTE) SEKOLAH PASCASARJANA USAHID

Sambutan hangat bagi mahasiswa baru disampaikan Rektor – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU didampingi para Wakil Rektor. Bahwa adanya pandemi juga memberikan hikmah pembelajaran bagi mahasiswa. Kondisi ini diharapkan dapat memicu kreativitas dan inovasi semua pihak, disamping menguatkan implementasi adaptasi kebiasaan baru, yang saat ini masih masa transisi perkuliahan secara online dan ofline. Menjadi mahasiswa artinya memasuki fase kehidupan baru.

Turut memberikan sambutan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya – Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA.,BET, bahwa menjadi mahasiswa Universitas Sahid merupakan suatu kesempatan besar untuk membawa perubahan di masa depan. Mahasiswa akan belajar bekerjasama, berdiskusi aktif, melempar gagasan dan mewujudkan banyak pemikiran yang berguna bagi masyarakat. Mahasiswa harus bisa menghargai keberagaman dan kebhinekaan, mengasah kreativitas, berkomunikasi, menjalin relasi dan berkolaborasi, mengasah kepemimpinan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, yang merupakan tujuan pembelajaran di Universitas Sahid.

Rangkaian acara OSMARU diisi dengan pemakaian jaket almamater oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya di damping Rektor kepada perwakilan mahasiswa baru dari 5 fakultas sebagai symbol mahasiswa baru secara resmi menjadi mahasiswa Universitas Sahid. Dilanjutkan dengan Penyerahan secara simbolis Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar), BPU (Beasiswa Prestasi Unggulan) dan YBJ (Yayasan Beasiswa Jakarta). Informasi mengenai layanan akademik dan keuangan di sampaikan oleh Moch. Sambas, SE., MM – Direktur Administrasi Akademik dan Ester Dwi Wahyuni, SE., MM – Direktur Keuangan & Bisnis.

Pengenalan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Sahid yaitu Pariwisata dan Kewirausahaan juga disampaikan kepada mahasiswa baru. Aktivitas Pariwisata & Kewirausahaandi bahas dalam talk show oleh para Dosen Universitas Sahid yaitu Ismayanti Istanto, A.Par, M.Sc; Kania Ratnasari, ST.,MIB; Tiku Purwowiratno, SE dan Muhammad Imam, S.Kom dengan moderator Euis Widiati, SE., MM. Guna membentuk karakter mahasiswa baru agar ketika lulus memiliki karakter berwirausaha, dibahas dalam Sharring Session dengan alumni sukses Universitas Sahid.

Baca juga  Gerakan Solidaritas IKALUS

Untuk pengenalan fakultas, program studi, BEM dan HMP, para mahasiswa baru di arahkan ke fakultas masing-masing dan dilanjutkan dengan cek urine oleh BNN sebagai implementasi Usahid sebagai kampus anti narkoba. Overview pembinaan mahasiswa disampaikan direktur kemahasiswaan, pengembangan karakter dan alumni – Nani Rohani, SH, untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam OSMARU juga ada inspiring session bersama para mahasiswa berprestasi Usahid dalam 7 bidang prestasi, diantaranya Naufal Dimas (Duta Anti Kekerasan); Irene (Prestasi Akademik); Hilda (Olahraga); Islamiati (Seni Fashion); Halimatu Sadiyah (Duta Bahasa); Sodiqun (program kreativitas mahasiswa); dan Ferianto ( Pengabdian masyarakat) dengan moderator – Yasser Arafat, SM (Head of Marketing).
Inspiring session diharapkan dapat menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri mahasiswa baru untuk berprestasi. Pengenalan UKM (unit kegiatan mahasiswa) juga ditampilkan dengan parade UKM dan kegiatannya, dilanjutkan pemberian motivasi oleh motivator Aris Ahmad Jaya, MM tentang bangkit & berkarakter. OSMARU ditutup dengan pagelaran budaya oleh para mahasiswa baru.

Kami mengucapkan selamat bergabung di keluarga besar Universitas Sahid, selamat belajar dan berjuang menempuh perkuliahan yang akan dimulai pada 12 September 2022.
Semoga sukses, lulus tepat waktu dan menjadi sarjana di tahun 2026.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

“BANGKIT DAN BERKARAKTER” USAHID GELAR OSMARU 2022

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top