Kiprah Dosen Fatepakes Usahid jadi Narasumber Kuliah Umum UIN Jogyakarta

Loading

Dosen Fatepakes Usahid jadi salah satu Narasumber pada  Kuliah Umum  di Universitas Islam Negeri  Sunan Kalijaga Jogyakarta, yang berlangsung secara virtual, 19 November 2021.

Kuliah Umum dari  Program Studi Biologi UIN Sunan Kalijaga, membahas; Bahan Alam Indonesia Sebagai Pangan Fungsional Imunomodulator di Masa Pandemi. Dua narasumber dihadirkan. Narasumber pertama, Prof. Dr. dr. Nurpudji A. Taslim, MPH, Sp.GK (K) dan yang kedua, Dr. Siti Chairiyah Batubara, STP, M.Si (Dosen Fatepakes Usahid Jakarta & Kepala Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Usahid).

Istilah makanan fungsional digunakan pertama kali oleh peneliti di Jepang sekitar tahun 1984, ketika pemerintah Jepang mulai memikirkan anggaran untuk kesehatan bagi lansia yang menjadi tanggung jawab pemerintah, dan semakin lama semakin meningkat populasi lansia, sehingga diantisipasi dengan konsumsi makanan fungsional untuk mencegah berbagai penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Di Jepang, makanan fungsional ini diberi nama FOSHU (Food for Specified Health Uses), yaitu sebuah klaim bagi makanan yang diketahui secara ilmiah mengandung komponen yang mempunyai efek menguntungkan bagi kesehatan. Indonesia, pada tahun 2005 telah ditetapkan Peraturan Kepala Badan POM tentang Ketentuan Pokok Pengawasan Pangan Fungsional.

Cara membuat makanan agar lebih fungsional dipaparkan pada kesempatan itu. Selain itu juga syarat pangan fungsional juga  beberapa penemuan mutakhir pangan fungsional.

Peserta pada Kuliah Umum yang  terdiri dari mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kampus lain dan masyarakat umum sangat antusias mengikuti pemaparan dari kedua Narasumber.  Harapan dari penyelenggara, kuliah umum bisa memberikan manfaat bagi para peserta terutama penggunaan pangan fungsional utama nya di era Pandemi Covid-19.

Baca juga  Open House dan Seminar SPS Usahid Jakarta 2018
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Dessy Sunarsi

Kereen… menarik materiya.. Negara kita kaya kearifan pangan nya..

Bagikan Berita Ini

Kiprah Dosen Fatepakes Usahid jadi Narasumber Kuliah Umum UIN Jogyakarta

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top