Diskusi Buku Daya Magis Kapitalisme Digital, karya Khairul Syafuddin, MA

Loading

Peluncuran dan Diskusi Buku Daya Magis Kapitalisme Digital, karya Khairul Syafuddin, MA (Dosen Fikom Usahid Jakarta), berlangsung Jumat, 9 September 2022.

Acara ini digelar secara online melalui aplikasi Zoom, terselenggara atas kerjasama Usahid Jakarta dengan Program Studi Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM.

Selaku pembahas pada sesi diskusi dihadirkan, Dr. Triyono Lukmantoro (alumni S 3 KBM UGM dan Dosen Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip), dan dimoderatori oleh Afni Alfiana Hanifah (Mahasiswa Usahid Jakarta).

Dalam bukunya, penulis yang merupakan alumni S2 KBM UGM ini antara lain mengulas fenomena kreator meme yang ada di facebook.

Kreator meme dalam pandangan Khairul merupakan pekerja digital yang rentan di bawah bayang-bayang kapitalisme digital.

Hal ini terjadi karena secara tidak sadar para kreator meme bekerja tanpa memiliki kesadaran bahwa hasil produksi yang mereka lakukan merupakan sebuah komoditas.

Ketidaksadaran tersebut muncul karena pada saat membuat konten, mereka merasa sedang bermain.

Oleh karena itu, dalam konsep Christian Fuchs hal ini dilihat sebagai bentuk playbour, yang merupakan pemahaman dari bermain namun bekerja.

Tidak hanya itu, penulis juga melihat bahwa dalam budaya yang melingkupi kreator meme ini juga dilihat sebagai budaya terbatas.

Meme menjadi bagian dari budaya terbatas karena pihak yang memahami nilai-nilai dari produk tersebut juga terbatas.

Bahkan keadaan ini memunculkan adanya arena pertarungan antar kreator meme, dimana mereka berusaha untuk menjadi kreatoor profesional untuk mendapatkan nilai simbolik yang kuat.

Pada akhirnya keinginan itu menghantarkan para kreator meme menjadi terjerat dalam ikatan dan sistem kapitalisme digital yang tidak mereka rasakan secara sadar.

Baca juga  Are You Ready To Be a Great PR Profesional ?
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Diskusi Buku Daya Magis Kapitalisme Digital, karya Khairul Syafuddin, MA

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top