Kolaborasi USAHID – International Islamic Academy of Uzbekistan Together We Are Stronger And Higher

Loading

Kerjasama pendidikan yang telah terjalin antara Universitas Sahid (USAHID) dengan International Islamic Academy of Uzbekistan (IIAU) pada tahun 2018 ditindaklanjuti melalui  kunjungan collaborative partnership selama 2 hari oleh IIAU (14-15/08/2023). International Islamic Academy Uzbekistan (IIAU) melakukan kunjungan ke beberapa unit pendidikan yang ada di bawah Yayasan Pendidikan Sahid Jaya, yaitu kunjungan ke Universitas Sahid Jakarta, INAIS (Institut Agama Islam Sahid) dan Pondok Pesantren Modern Sahid di Gunung Menyan Pamijahan Bogor.

Delegasi International Islamic Academy of Uzbekistan berjumlah 21 orang yang terdiri dari pimpinan rektorat, dosen dan mahasiswa, berkunjung ke Universitas Sahid pada Selasa, 15 Agustus 2023, setelah sebelumnya berkunjung ke INAIS dan Pondok Pesantren Sahid pada Senin, 14 Agustus 2023.

Delegasi diterima dan di sambut di Auditorium Prof. Sukamdani Sahid Gitosardjono Universitas Sahid oleh Rektor USAHID – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU. Sambutan delegasi International Islamic Academy of Uzbekistan disampaikan Salim Dusanov (Vice Rector) mewakili Rector –  Dr. Muzaffar Kamilov (Advisor President of Uzbekistan) yang berhalangan hadir. Dr (HC). Dra. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA – Ketua Pembina YSJ/Vice Presiden Sahid Group juga memberikan sambutan dalam kesempatan tersebut. Hadir Dr. Yohanes Sulistyadi, M.Pd – Direktur Eksekutif YSJ, para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, para dosen, karyawan  dan mahasiswa USAHID.

Acara diisi dengan seminar dan diskusi dengan tema : The Issues and Perspectives of Pilgrimage Tourism, dengan para narasumber Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET – Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Dr. Ashirali Abdirashidov – International Islamic Academy Uzbekistan) dan Giri Adnyani, M.Sc, CHE – Secretary Ministry of Tourism & Economy Creative Republic of Indonesia dimoderatori Dr. Rahtika Diana, B. comm., M.Si – Kepala Pusat Kerjasama Internasional USAHID.

Baca juga  Training of Trainers (ToT) Attitude Excellence for High Perfomance

Giri Adnyani dalam paparannya menyampaikan bahwa Fokus Muslim Friendly Tourism yang dilakukan Kemenparekraf RI adalah memberikan pelayanan kebutuhan wisatawan muslim antara lain hotel halal, transportasi halal, makanan halal, paket wisata halal dan keuangan halal. Pada tahun 2023, Indonesia menempati peringkat kedua untuk wisata halal dalam The Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023, setelah tahun sebelumnya (2022), Indonesia menempati peringkat kedua.

Oleh karenanya Giri menyambut baik rencana pengembangan program wisata muslim ke Uzbekistan melalui paket umrah plus wisata ke Uzbekistan. Uzbekistan merupakan tempat kelahiran para pemikir besar di zaman keemasan Islam seperti Ibnu Sina dan memiliki banyak peninggalan peradaban Islam yang patut dieksplor oleh umat Islam, seperti makam Imam Al- Bukhari dan Imam At-Tarmizi. Selain itu terdapat juga monumen arsitektur dan arkeologi yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO serta Mushaf Al-Qur’an Tertua di Dunia (Mushaf Usmani),

Prof. Nugroho B. Sukamdani menambahkan bahwa potensi wisata ziarah sangat besar, lebih dari 20 juta umat Islam dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, India, Pakistan, China menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya. Tren wisata ziarah terus berkembang dari tahun ke tahun dan saat ini di rekomendasikan untuk wisata ziarah umrah Mekkah Madinah dan Uzbekistan. Seperti kita ketahui bahwa Uzbekistan dan Indonesia memiliki history relationship,  Presiden Pertama Indonesia -Soekarno memiliki pengaruh besar terhadap penemuan dan pemugaran makam Imam Al-Bukhari di Uzbekistan.  Bahwa Soekarno pernah mendapat undangan dari pemimpin Uni Soviet tahun 1956, dan Uzbekistan saat itu masih gabungan Uni Soviet. Soekarno berkenan memenuhi undangan ke Uni Soviet jika dapat ditunjukkan makam Imam Al-Bukhari. Dan hal tersebut dapat terwujud, hingga akhirnya makam Imam Al-Bukhari dapat dipugar. Saat ini sudah berdiri Hotel Sahid Zarafshon di kota Bukhara Uzbekistan. Dan akan segera dibuka Sahid Royal Palace di kota Samarkand Uzbekistan.

Baca juga  OSMARU SPS Usahid Semester Genap TA. 2020/2021

Dalam kunjungan ke USAHID ini, para peserta delegasi International Islamic Academy of Uzbekistan mencicipi aneka kuliner khas masakan Indonesia, kuliner karya mahasiswa program studi teknologi pangan USAHID antara lain minuman sari tempe jeruk, minuman bunga telang lemon, pempek sayur, lumpia seaweed dan manisan pala. Rombongan delegasi juga mengunjungi ruangan riset center di lantai 2 gedung Universitas Sahid yang dinamakan USAHID – UZBEKISTAN of Academic Research Center for Tourism. Rombongan delegasi juga berkesempatan mengunjungi Sekolah Pascasarjana USAHID, Hotel Sahid Jaya, JPO Sudirman, melihat MONAS (monument nasional) dan Mesjid Istiqlal.

Kerjasama USAHID dengan International Islamic Academy of Uzbekistan (IIAU) meliputi pembentukan Tourism Center of Uzbekistan, pertukaran dosen tamu & mahasiswa, publikasi, penerbitan karya ilmiah di jurnal kampus masing-masing dan penelitian kolaboratif.

Diharapkan  penelitian kolaboratif ini dapat dikembangkan dalam berbagai macam bentuk, yang akan mempererat hubungan sosial budaya dalam bidang pendidikan, pengembangan pariwisata dan studi Islam antara Indonesia dan Uzbekistan serta membawa kemajuan bagi kedua negara.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Kolaborasi USAHID – International Islamic Academy of Uzbekistan Together We Are Stronger And Higher

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top