MATASITAS SAHID COMPETITION & FESTIVAL 2016

Loading

matasitasDalam rangka turut memeriahkan ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 71, Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Sahid Jakarta (Matasitas) mengadakan acara MATASITAS SAHID COMPETITION & FESTIVAL dengan tema “Peran Pemuda Pemudi dengan Semangat Kepetualangan dan Kepedulian Lingkungan”.  Rangkaian kegiatan diselenggarakan pada tanggal 23 – 27 Agustus 2016 dengan acara lomba keterampilan navigasi dengan menggunakan peta beserta kompas (Orienteering) tingkat mapala/pelajar putra dan mapala/pelajar putri se-Jawa, lomba panjat dinding tingkat pelajar putra dan pelajar putri se-Jawa serta seminar lingkungan dan festival Merah Putih.
Pelaksanaan lomba orienteering bertempat di seputar Komplek Rasamala Tebet Jakarta pada tanggal 23 Agustus 2016  dengan peserta sebanyak 25 orang dari mapala/pelajar putra dan 21 orang dari mapala/pelajar putri. Keluar sebagai pemenang pada lomba kategori mapala/pelajar putra, juara 1. Sugi Dharma Putra (Sispala Ciara), 2. Gun – Gun Gumilar (Palteks), 3. Rizky Ajie Kurniawan (Makopala Univ. Budi Luhur).  Kategori Mapala/Pelajar Putri, juara 1. Yuni Mustika Handayani (Sispala Palapa), 2. Maula Hidayati (Sispala Ciara), 3. Elly Frisca Ganesha (Sispala Palapa).
Untuk lomba panjat tebing dilaksanakan di Wall Usahid tanggal 24 Agustus 2016, diikuti pelajar putra/putri sebanyak 23 orang pelajar putra, 10 orang pelajar putri. Keluar sebagai pemenang kategori putra : 1. Ricky Faqih A (SMPN 122 Jakarta), 2. Sholihul Umam (SMKN 1), 3. M Yusuf Gunawan (SMKN 2 Tangerang) dan kategori putri  : 1. Karin Nurazizah (SMA 15 Tangerang), 2. Sadidih Mualifah (REPEAL), 3. Ariani Agustina (SMKN 1 Cilegon)
Para pemenang lomba selain mendapatkan penghargaan piala dari kementerian oleh raga dan hadiah pembinaan, juga mendapatkan beasiswa dari Universitas Sahid Jakarta  sebesar 50 % dari BPP semester awal.
Rangkaian acara selanjutnya adalah seminar lingkungan  tanggal 27 Agustus 2016 di aula lantai  8 kampus Usahid Jakarta diikuti sebanyak 30 peserta dari kalangan masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar, dengan materi;  “Akibat Reklamasi Teluk terhadap Konservasi Daerah Pesisir dan Laut”. Para pembicara adalah; Hendaryanto, ST, M.Si. selaku Kasubdit  Penetapan, Pengembangan Perangkat dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan  Dr. Luh Gede Saraswati Putri, M. Hum. selaku Dosen Filsafat FIB Universitas Indonesia (Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi). Moderator : Susan Herawati. selaku Deputy Pengelolaan Program dan Evaluasi KIARA (Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan). Dalam diskusi dibahas masalah kasus – kasus reklamasi yang terjadi di Indonesia, harapan dari diskusi ini dapat menghentikan reklamasi yang terjadi di Indonesia yang akan merusak lingkungan sekitarnya.
Dalam rangkaian kegiatan ini dukungan diberikan oleh Universitas Sahid, Kemenpora, RistekDikti, KLHK, Walikota Jakarta Selatan, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI), FORBALI, disamping itu turut berpartisipasi dari sesama UKM di lingkungan Usahid antara lain : UMUS, UKM Bola, Theater, UKM Fotografi Dua Mata, dan KSR disamping juga dukungan dari bagian Klinik Usahid, Kelurahan Menteng Dalam dan Polsek Tebet.
Penutupan rangkaian kegiatan skaligus penyerahan piala dan hadiah lomba pada tanggal 27 Agustus dengan diakhiri hiburan yang disajikan oleh UKM UMUS (Unit Musik USAHID).

Baca juga  LKMM USAHID 2022

Bagikan Berita Ini

MATASITAS SAHID COMPETITION & FESTIVAL 2016

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top