Pelatihan TANGGAP – Kader Posyandu pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaborasi Prodi Gizi, FATEPAKES, Usahid dan Universitas Veteran Jakarta

Loading

 

Universitas Sahid bersama dengan Universitas Veteran Jakarta sukses melaksanakan pelatihan TANGGAP atau “Tim Andalan Pengukuran Antropometri” kepada kader posyandu Kecamatan Sawangan, Depok. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang menunjang kegiatan Program Kampung Caraka (Cerdas Ramah Keluarga), dimana kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut, di Aula Kecamatan Sawangan yang dimulai pada Selasa 13 Agustus sampai Kamis 15 Agustus 2024.

Kegiatan ini merupakan Hibah DRPM Kemendikbud skema Pemberdayaan Wilayah tahun 2024. Tujuan utama kegiatan TANGGAP adalah untuk memperluas pengetahuan serta meningkatkan keterampilan para perwakilan ibu kader dari 7 Kelurahan Kecamatan Sawangan yang meliputi Kelurahan Kedaung, Kelurahan Sawangan Lama, Kelurahan Sawangan Baru, Kelurahan Pengasinan, Kelurahan Pasir Putih, Kelurahan Bedahan, dan Kelurahan Cinangka. Jumlah keseluruhan ibu kader yang datang adalah 33 orang.

Kegiatan pelatihan dimulai dari 13 Agustus 2024 yang juga dihadiri oleh Camat Kecamatan Sawangan Anwar nasihin S.Ag, MM dan Sekretaris Kecamatan Sawangan Muhammad Sahal, S.E.

Dosen Program Studi Gizi Fatepakes  Usahid,  Khoirul Anwar, SGz, MSi memberikan pelatihan tentang pembuatan MPASI melalui paparan dan praktik pembuatan secara langsung.

Materi yang diberikan pada hari pertama yaitu praktik antropometri khususnya cara penggunaan berbagai alat antropometri dengan benar dengan dilanjutkan dengan cara membaca hasil pengukuran antropometri secara tepat. Pada hari kedua, materi yang diberikan yaitu cara tepat mengukur tekanan darah dan glukosa darah pada lansia, yang dilanjutkan dengan edukasi penyakit degeneratif dan diet yang tepat untuk penderitanya. Hari ketiga materi yang diberikan yaitu Praktik pemberian ASI eksklusif dan pijat laktasi, lalu dilanjutkan materi membuat Makanan Pendamping ASI yang tepat dan sehat.

Baca juga  Rapat Evaluasi Dosen dan Rapat Orientasi Dosen Usahid Jakarta
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Pelatihan TANGGAP – Kader Posyandu pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaborasi Prodi Gizi, FATEPAKES, Usahid dan Universitas Veteran Jakarta

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top