Penguatan UMKM Melalui Digital Marketing dan Transaksi QRIS: Inisiatif PKM USAHID di Desa Pagelaran Bogo

Loading

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pendampingan Digital Marketing dan Digital Finance pada UMKM Di Desa Pagelaran, Kab. Bogor” telah sukses dilaksanakan di Bogor pada tanggal 20 – 21 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para UMKM mengenai pentingnya melakukan digital marketing dan menerapkan digital finance pada usahanya masing-masing.

Program PKM ini didanai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan & Kebudayaan Riset dan Teknologi RI tahun 2024 melalui Skema Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Nasional Tahun Pelaksanaan 2024. Adapun tim PKM diketuai oleh Annisa Retno Utami, SE., MM dengan anggota yaitu Dr. Julfi Restu Amelia, S.T.P., M.Si. dan Kania Ratnasari, ST., MIB dimana kegiatan PKM ini juga melibatkan mahasiswa yaitu Arrafi Shidqi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Marcello Tjandra (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) sebagai salah satu rekognisi MBKM mahasiswa.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan diikuti oleh antusiasme yang tinggi dari para UMKM. Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pentingnya digital marketing oleh Kania Ratnasari dan digital finance oleh Annisa Retno kepada pelaku bisnis. Selain materi peserta diminta untuk membuat konten sebagai salah satu bentuk promosi digital di Instagram usahanya. Diakhir sesi kegiatan, para UMKM mendapatkan peralatan yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha mereka seperti kompor gas, mixer, blender, cooler box, sealer vacuum, dan lainnya serta dibagikan kepada 16 pelaku usaha UMKM di bidang kuliner makanan dan minuman.

Ketua Tim PKM USAHID, Annisa menyatakan bahwa pemberian materi dan bantuan peralatan masak ini diharapkan dapat bermanfaat dan dapat membantu pengembangan usaha dari para pelaku UMKM serta memudahkan mereka dalam melakukan transaksi jual beli dengan para pelanggannya dengan melakukan pembayaran dengan QRIS. Peserta UMKM merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini selain ilmu yang bermanfaat dan barang yang diberikan dapat berguna untuk kebutuhan usaha.

Baca juga  Mutia Azzahra Raih Juara 1 Lomba Essay Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia

Diharapkan juga setelah pelatihan “Pendampingan Digital Marketing dan Digital Finance” ini, para pelaku UMKM di Desa Pagelaran dapat secara konsisten menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan daya saing usaha mereka di era digital. Digital marketing dan penggunaan sistem pembayaran QRIS diharapkan menjadi bagian integral dari operasional harian mereka, mempermudah transaksi serta memperluas jangkauan pasar.

Sebagai tindak lanjut pelatihan ini, Tim PKM USAHID akan melakukan monitoring berkala dan pendampingan lanjutan untuk memastikan implementasi yang efektif, serta pelatihan tambahan yang fokus pada pengoptimalan strategi digital, agar para UMKM dapat terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Penguatan UMKM Melalui Digital Marketing dan Transaksi QRIS: Inisiatif PKM USAHID di Desa Pagelaran Bogo

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top