PKM FATEPAKES Usahid Dalam Pengembangan Kewirausahaan Mitra Usaha UMKM

Loading

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi Gizi dan Program Studi Teknologi pangan, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan – FATEPAKES Usahid Jakarta, berlangsung 18 Desember 2021 dikediaman mitra UMKM berlokasi di kelurahan Cipedak, kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat berbasis kewirausahaan dengan topik; “Pembuatan Produk UMKM Bergizi melalui Pelabelan dan Diversifikasi Produk”. Mitra merupakan pelaku UMKM dengan produk makanan dan minuman. Beberapa produk pangan olahan yang diproduksi oleh mitra adalah pempek dan minuman botanikal cair (kunyit asem, bir pletok, beras kencur dan temulawak).

Tim pengabdian masyarakat ini terdiri para dosen, yaitu; Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si, Almira Nuraelah, S.Gz, M.Si, Hamidatun, STP, M.Si, serta dua mahasiswa yaitu; Syafiqa Suhaila dan Winda Zahraningrum.

Kegiatan yang dilakukan terdiri dari kegiatan edukasi kepada mitra UMKM tentang regulasi label pangan sesuai dengan aturan yang berlaku, edukasi tentang pencantuman nilai gizi pada label produk UMKM dan produk UMKM bergizi sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) dan Isi Piringku. Pada kegiatan ini dijelaskan terkait fungsi label pangan dan cara pencantuman informasi pada label pangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga mitra diharapkan mampu memahami informasi apa saja yang minimal harus dicantumkan dan informasi apa saja yang dilarang dicantumkan dalam label pangan sehingga mitra membuat desain label pangan yang tidak hanya menarik namun juga sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu, juga dilakukan edukasi tentang cara sesuai dengan peraturan BPOM no 16 tahun 2019 tentang label pangan olahan untuk UMKM, sehingga mitra mampu membaca dan memahami informasi nilai gizi pada label pangan.

Kegiatan dilanjutkan dengan disertifikasi produk pempek dilakukan dengan penambahan sayur dan estrak sayur kedalam resep pempek produk mitra. Pada kegiatan ini, peserta diajak untuk praktek secara langsung ditempat untuk membuat pempek pelangi. Penambahan sayuran pada pempek bertujuan untuk menambah kandungan serat, vitamin dan mineral pada produk pempek. Produk pempek pelangi diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan makanan yang enak dan bergizi.

Baca juga  KESEPAKATAN BERSAMA PEMKAB BOGOR DAN USAHID

Berdasarkan evaluasi kegiatan yang diperoleh melalui pengisian kuisioner, diperoleh hasil bahwa pengetahuan mitra tentang pentingnya label dan produk UMK yang bergizi meningkat setelah diberikan edukasi saat kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Selain itu, Mitra juga memiliki sikap yang positif dan setuju untuk melakukan pengembangan produk UMKM yang dihasilkan. Evaluasi kebermanfaatan program diperoleh hasil bahwa mitra merasakan manfaat yang besar dari kegiatan pengabdian yang dilakukan dan berharap agar kegiatan dapat dilanjutkan kembali.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

PKM FATEPAKES Usahid Dalam Pengembangan Kewirausahaan Mitra Usaha UMKM

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top