SAFOTECH EXPO 2016 “REMAJA PEDULI ISU PANGAN AMAN DAN HALAL"

Loading

IMG_8544 SAFOTECH EXPO 2016 yang dilaksanakan 22 — 23 Januari 2016 kali ini memilih tema; “Remaja Peduli Isu Pangan Aman dan Halal”. Tema ini diplih karena remaja merupakan salah satu segmen pasar yang sangat potensial dalam memasarkan produk pangan, oleh karena itu perlu adanya peningkatan pengetahuan pada remaja untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pangan yang aman dan halal dari suatu produk pangan. Selain itu isu keamanan dan kehalalan pangan yang beredar ditengah masyarakat, khususnya para remaja dan mahasiswa perlu dijelaskan dan dipahami lebih lanjut kebenarannya karena banyaknya isu yang beredar sehingga menimbulkan beberapa pernyataan yang tidak sesuai dengan kebenarannya.
Atas dasar itulah SAFOTECH EXPO 2016 mengadakan beberapa acara yang mencakup tema tersebut, yaitu: Lomba Debat, tema; “Produksi Pangan Sehat, Aman dan Halal, Untuk Siapa?”, bertempat di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta. Peserta terdiri dari Siswa SMA Se-Jabodetabek , satu kelompok beranggotakan 3 orang, dewan juri dari BPOM RI.
Selain itu, Seminar Pangan, tema; “ Remaja Peduli Isu Pangan Aman dan Halal”, di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta. Peserta terdiri dari siswa SMA Se-Jabodetabek, mahasiswa peminat pangan dan masyarakat umum. Selanjutnya juga ada, Demo pengolahan Produk Pangan dan Pameran Produk Pangan Inovatif, di lobby kampus Usahid Jakarta. Peserta terdiri dari siswa SMA dan Mahasiswa. Materinya berupa produk- produk inovatif berbasis komoditi lokal berupa makanan ringan, makanan berat dan minuman ringan.
Sebagai acara puncak, diaula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, tanggal 23 Januari 2016, diselenggarakan seminar dengan tema; “Remaja Peduli Isu Pangan Aman dan Halal”. Seminar ini diawali dengan persembahan tarian yang ditampilkan oleh mahasiswa FTIP Usahid Jakarta, yaitu oleh kesenian tari “Bajidor Kahot Kreasi“. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari ketua pelaksana, yaitu Unggul Prasetyo yang menyatakan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama mengadakan acara ini serta agar ilmu yang didapatkan pada seminar kali ini dapat bermanfaat bagi semua yang datang. Selanjutnya sambutan dari Dekan FTIP, Dr. Ir. Iman Basriman, Msi yang menyatakan pentingnya informasi tentang pangan sehat, aman dan halal serta prospek ke depan tentang inkubator bisnis yang ada di FTIP Universitas Sahid Jakarta yang akan bekerjasama dengan LPPOM dan BPOM RI untuk mengadaan pelatihan bagi inkubator bisnis. Selanjutnya sambutan dari Rektor Universitas Sahid Jakarta, “Prof. Dr. Ir. Rahman Abdullah, M.Sc” yang menyatakan tercapainya visi misi Universitas Sahid Jakarta yang meliputi kewirausahaan dan kepariwisataan pada acara ini.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba debat pangan, nama sekolah pemenang lomba debat: Juara I: SMK 49; Juara II : SMK Budiwarman 01; Juara III : SMA Diponegoro 02; Juara Harapan I : SMKN 30 (tim C). Hadiah diserahkan oleh Dekan FTIP Usahid Jakarta dan Rektor Usahid Jakarta, berupa medali, piala, plakat, uang tunai beseta beasiswa sebesar 50% dana pendidikan di Usahid Jakarta.
Selaku pembicara pertama pada seminar dengan tema “Remaja Peduli Isu Pangan Aman dan Halal”ini, adalah ibu Lia Amalia dari LPPOM MUI. Dilanjutkan oleh pembicara ke dua yaitu Ibu Dra. Meutia APT dari BPOM RI. Kemudian dari segi konsumen, didatangkan narasumber selanjutnya yaitu, Aisyhrani (Komunitas HALAL CORNER).
Kesimpulan dari acara seminar ini adalah untuk mendapatkan makanan yang sehat, aman dan halal harus melalui beberapa tahapan pada sistem jaminan pangan dasar seperti GMP dan sistem jaminan pangan yang lebih baik yaitu sistem jaminan halal serta HACCP dan ISO 2200 sebagai pelengkap. Dengan menerapkan sistem jaminan tersebut kita tidak akan ragu mengonsumsi makanan yang ada sehingga makanan tersebut tergolong makanan yang aman, halal dan sehat. Kemudian acara ditutup dengan pembagian kenang-kenangan serta sertifikat pada pembiacara dan diakhiri dengan foto bersama.

Baca juga  SAFOTECH 2024 - Entrepreneurs Day

Bagikan Berita Ini

SAFOTECH EXPO 2016 “REMAJA PEDULI ISU PANGAN AMAN DAN HALAL"

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top