WISUDA Universitas SAHID ke 37 T.A 2016/ 2017

Loading

3

“Pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul Dalam Menghadapi Persaingan Global“

Universitas Sahid Jakarta, kembali meluluskan sebanyak 273 wisudawan dari 5 Fakultas, yaitu program S-1 dan D3 Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) 74 orang, Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) 23 orang, Fakultas Hukum (FH) 10 orang, Fakultas Teknik (FT) 35 orang dan Fakultas Ekonomi (FE) 102 orang. Sekolah Pasca Sarjana sebanyak 29 orang terdiri dari Program Magister (S-2) 22 orang dan 7 orang wisudawan dari Program Doktor (S3).
Pada acara Wisuda USAHID Jakarta ke 37 Tahun Akademik 2016/2017 ini, didampingi oleh Rektor Usahid Jakarta – Prof. Dr. Ir. Rahman Abdullah, MSc.,dan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya – Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET., Ketua Dewan Pendiri & Pembina Yayasan Sahid Jaya – Prof. DR. H. Sukamdani Sahid Gitosadjono beserta Wakil Ketua Dewan Pendiri & Pembina Yayasan Sahid Jaya, Hj. Juliah Sukamdani, memberikan Penghargaan kepada wisudawan terbaik masing-masing Fakultas & Sekolah Pascasarjana (SPS) Usahid Jakarta.
Wisudawan terbaik adalah; Bima Purbo Putrandika,SH (Fakultas Hukum) IPK 3,62; Frans Efram,S.TP (Fakultas Teknologi Industri Pertanian/ Teknologi Pangan) IPK 3,63; Indah Permatasari,SIK (S1 FIKOM/ Humas) IPK 3,81; Himmatul Ulya,Amd (D3 FIKOM/ Humas); Tessa Meitania Nurhamzah,ST (Fakultas Teknik/Teknik Lingkungan) IPK 3,27; Novia Khoirun Nissa,SE (Fakultas Ekonomi/Manajemen) IPK 3,78; serta; Des Hanafi, SH,MH,MIK (S2 PascaSarjana/Magister Ilmu Komunikasi) IPK 3,63 dan Dr. Hamzah, SH,M.IKom (S3 PascaSarjana/ Doktor Ilmu Komunikasi) IPK 3,87.
Dalam Wisuda yang ke-37 ini, peraih Sahid University Award sebagai lulusan terbaik dengan kriteria lulus tepat waktu, indeks prestasi tertinggi dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan, adalah Indah Permatasari, SIK dari Fakultas Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,81.
Universitas Sahid Jakarta menetapkan dalam Visinya menghasilkan lulusan yang unggul. Unggul bermakna mempunyai daya saing tinggi seiring dengan trend persaingan global yang menuntut adanya “ Competitive Advantage”. Lulusan USAHID harus mempunyai keunggulan dalam persaingan yang ada saat ini serta dapat berinovasi / berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa agar mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara lain.
Upacara Wisuda Usahid yang genap memasuki usia ke 28 tahun, pada tanggal 14 Maret 2016 lalu ini mengambil tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul Dalam Menghadapi Persaingan Global”. Diawali laporan oleh Rektor Usahid, Prof. Dr. Ir. Rahman Abdullah, M.Sc, hadir serta juga memberikan sambutan, yaitu, Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya, Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET; Koordinator Kopertis Wilayah III, Dr.Ir. Illah Sailah,MS dan Ketua Pendiri dan Pembina Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya, Prof. DR. H. Sukamdani S. Gitosardjono. Orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. Ir. Arif Yahya, M.Sc – Menteri Pariwisata RI.
Prof. Dr. Ir. Rahman Abdullah, MSc – Rektor Universitas Sahid dalam sambutannya menyatakan bahwa Universitas Sahid Jakarta patuh dan taat azas dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan aturan yang ditetapkan Kemenristek Dikti dan Kopertis Wilayah III, sehingga pada saat ini USAHID menjadi PTS yang sehat dalam tata kelola dan memiliki legalitas yang baik. Kemenristek Dikti RI telah menetapkan USAHID pada peringkat ke 85 dari 3.320 perguruan tinggi di Indonesia melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 492.a/M/KP/VIII/2015, berdasarkan 4 kriteria yaitu kualitas sumber daya manusia; kualitas manajemen; kualitas kegiatan kemahasiswaan; kualitas penelitian & publikasi ilmiah. Pada Januari 2015 USAHID memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai Baik (B) dari BAN PT. Kopertis wilayah III juga menetapkan USAHID sebagai PTS Unggulan tahun 2013 kategori pembelajaran. Hal ini menunjukkan kepercayaan pemerintah kepada USAHID.
Selain penguatan tata kelola, USAHID berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan menambah jumlah dosen, peningkatan kenaikan jenjang jabatan akademik dosen, perbaikan system informasi dan IT, dan pengadaan sarana prasarana. Sebagai wujud tata kelola yang baik ini, seluruh program studi memperoleh akreditasi BAIK, dan pada bulan September 2016, Universitas Sahid berhasil memperoleh sertifikasi ISO 9001 tahun 2015.
Dalam rangka melahirkan lulusan yang berkualitas, USAHID juga telah melakukan perubahan kurikulum program studi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan kurikulum tersebut Usahid diharapkan mampu melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi dan mampu bersaing dalam dunia kerja.
Universitas Sahid Jakarta yang berdiri tahun 1988 telah cukup memiliki pengalaman, memperoleh dukungan kuat dari Yayasan Sahid Jaya, memiliki visi dan misi yang khas, memiliki infrastruktur yang memadai dan telah memiliki kepercayaan dari masyarakat. Selain itu juga memiliki suasana semangat yang bagus dalam konteks mengabdi kepada bangsa, negara dan kemanusiaan.
Modal dasar semangat Budaya Sahid serta Tridarma Perguruan Tinggi yang bercirikan Kewirausahaan dan Kepariwisataan menciptakan suasana akademik dan tata kelola institusi yang khas untuk mengembangkan Universitas Sahid Jakarta menapak kemasa depan.
Dengan keunikan tersebut Universitas Sahid Jakarta tentu tidak serta merta menjadi institusi yang hebat seperti membalik tangan. Untuk dapat menyandang sebagai perguruan tinggi yang unggul, berbasis budaya dan religius sebagaimana tertuang dalam falsafah dasar institusi maka Universitas Sahid Jakarta harus bekerja keras, cerdas dan ikhlas.
Saat ini Universitas Sahid Jakarta sedang mempersiapkan naskah akademik untuk pembukaan Fakultas Kedokteran, Fakultas Kepariwisataan, Program Magister Hukum dan Program Doktor Ilmu Ekonomi untuk pengembangan ke depan.
Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc – Menteri Pariwisata RI dalam orasi ilmiah nya menyatakan bahwa permasalahan utama industri pariwisata Indonesia adalah strategi pemasaran dengan menguatkan aspek destinasi, originasi & timeline dan diikuti strategi promosi yaitu Branding, Advertising dan Selling. Branding Pariwisata yang digunakan adalah Wonderful Indonesia untuk pasar Internasional dan Pesona Indonesia untuk pasar Nasional. Sedangkan Strategi media adalah POSE (Paid,Owned,Social Media dan Endorser).
Dalam pembangunan kepariwisataan, perguruan tinggi memiliki tugas sebagai lembaga pendidikan yang menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang berkarakter, unggul, berkualifikasi tinggi, cerdas, berdaya saing, dan mampu membangun jejaring dan kerjasama yang baik dengan semua lapisan masyarakat.
Ketua Umum YSJ – Dr. Nugroho Sukamdani, MBA.BET menambahkan, sesuai tema wisuda yaitu Pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul Dalam Menghadapi Persaingan Global, lulusan sebagai sumberdaya intelektual diharapkan memiliki kompetensi dan memiliki integritas yang tinggi. Hal ini sesuai dengan Visi Universitas Sahid menghasilkan lulusan yang unggul dengan memiliki kompetensi pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang baik. Pernyataan dari pendiri Amazon dan juga CEO – Jeff Bezos bahwa, “lebih mudah menjadi orang yang pandai dibandingkan menjadi orang baik”, artinya lulusan suatu perguruan tinggi akan dikenal bukan dari indeks prestasinya yang tinggi, tetapi dari kontribusinya kepada masyarakat.
Dalam acara wisuda ini juga di tampilkan pameran produk – produk baru hasil kreasi & inovasi mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Sahid yang tergabung dalam Inkubator Bisnis Pangan, yang telah meraih prestasi sebagai juara I kategori kuliner terbaik di ajang Kreatif Inovatif – Krenov Fair 2014 Smesco Indonesia di SME Tower Convention Centre Smesco Gatot Subroto Jakarta Selatan, yang diselenggarakan LLP – KUKM (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah) Kementerian Koperasi dan UKM RI. Inkubator bisnis pangan secara rutin menggelar pameran untuk memperkenalkan produk terbaru karya inovatif mahasiswa teknologi pangan dalam event Sahid Food Technology (SAFOTECH EXPO), seperti sirup daun pisang, jus daun kelor, jus kemangi, cookies daun singkong, cookies biji kurma, nugget jagung, kerupuk kulit pisang, steak pepaya dsb.
Ke depan Universitas Sahid Jakarta di dorong untuk menghasilkan riset yang menghasilkan produk dan dihilirkan ke dunia usaha dan Universitas Sahid terus memantapkan diri sebagai Perguruan Tinggi unggulan menuju universitas berbasis riset.

Baca juga  Kunjungan Industri Fakultas Teknik Usahid Prodi Teknik Industri Ke PT Global Dairi Alami Subang Jawa Barat

Bagikan Berita Ini

WISUDA Universitas SAHID ke 37 T.A 2016/ 2017

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top