Yang Muda Punya Selera, The Judgement of Political Taste Open House 2 – Kelas Modular FIKOM USAHID

Loading

Pergelaran kegiatan Open House 2 – Kelas Modular oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta (USAHID), diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Juni 2022 Pukul 18.30-21.00 WIB di Lantai 1 Lobby Universitas Sahid mengangkat tema literasi komunikasi politik melalui acara seminar dan webinar publik dengan judul “Yang Muda Punya Selera, The Judgement of Political Taste”
Open House Kelas Modular merupakan kegiatan rutin oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid sebagai agenda pengenalan untuk menyampaikan keunggulan kualitas proses pembelajaran sekaligus sebagai strategi marketing Fikom USAHID kepada masyarakat serta sebagai bentuk kontribusi Universitas Sahid terhadap pendidikan literasi untuk meningkatkan pengetahuan terkait politik bagi kaum muda. Kegiatan ini diadakan secara hybrid (offline & online) melalui zoom dan youtube, sehingga dapat menjangkau lebih luas lagi target audiens secara nasional.
Open House yang didukung oleh Conquire dan DeFM Channel ini, terselenggara dalam rangka memperkenalkan kelas modular kepada masyarakat. bahwa Program modular merupakan program percepatan untuk meraih gelar Sarjana & Magister hanya dalam waktu 3 – 3.5 tahun untuk lulusan D3 Komunikasi dan 5 – 5.5 tahun untuk lulusan SMA/SMK. Kegiatan Open House kedua ini juga sebagai momentum bagi Laboratorium Fikom untuk me-launching Youtube dengan nama S84 Channel. Hal ini sebagai bentuk keunggulan Fikom USAHID terhadap perkembangan media dalam penyelenggaraan proses pembelajaran.
Open House Kelas Modular kedua oleh Fikom USAHID menghadirkan Dr. Rewindinar, M.Si (Alumni Doktoral SPS USAHID) sebagai moderator, dengan Narasumber Dr. Pinckey Triputra, M.Sc (Dosen Senior Universitas Indonesia), Dr. Andi Mirza Ronda, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi USAHID) dan Dr. Bagus Sudarmanto, M.Si (Alumni Doktoral SPS USAHID /Wartawan Senior) sebagai Pemantik. Selain itu, turut hadir dan memberi sambutan Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom, IPU (Rektor USAHID), di dampingi Dr. Ninin Gusdini, ST., MT (Wakil Rektor I); Dr. Titi Widaningsih, M.Si (Wakil Rektor II) dan Dr. Nandang Mulyasantosa, M.Si (Wakil Dekan Fikom). Laporan mengenai perkembangan program kelas modular -1 yang sudah berjalan oleh Dr. Hayu Lusianawati, M.Si (Ka. Prodi Ilmu Komunikasi Fikom). Pada kesempatan ini juga Rektor dengan resmi me-launching S84 youtube Channel.

Baca juga  Rektor USAHID Pembicara Visiting Professor FMK3N

Kegiatan yang dimulai pada pukul 18.30-21.000 WIB dikemas dalam bentuk webinar melalui zoom dan streaming melalui channel youtube S84 Channel dengan target 100 peserta yang diantaranya, siswa SMA/SMK, Mahasiswa, Dosen dan Guru, Peneliti, Staff DPR/DPRD, dan masyarakat umum.
Diskusi membahas tentang bagaimana pemilih muda (milenial) yang berusia 17 – 24 tahun menentukan pilihan. Seperti kita ketahui bersama bahwa pemilih muda adalah pemilih yg selalu disetir dan mudah dipengaruhi pilihannya. Hal ini membuat banyak pihak-pihak politik yang menargetkan suara pemilih muda yang jumlahnya sangat banyak. Pemilih muda sebenarnya memiliki modal-modal dalam menentukan pilihannya. Dalam konsep yang ditawarkan Pierre Bourdieu, modal tersebut adalah modal ekonomi, kultural, sosial, dan simbolik. Hal yang cukup penting diperhatikan dalam modal ini seperti modal sosial. Bagaimana pemilih muda memiliki hubungan sosial dan lingkungan di sekitarnya sangat mempengaruhi cara mereka memilih. Ditambah pada modal kultural dalam bentuk pendidikan juga turut membentuk pemikiran mereka dalam memilih sosok pemimpin yang diinginkannya. Untuk itu pentingnya literasi atau edukasi politik kepada pemilih muda agar mereka tidak apatis dan menjadi pemilih rasional didukung peran media yang sehat dan kritis yang berperan membangun proses demokrasi berkualitas yang mencerahkan rakyat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Yang Muda Punya Selera, The Judgement of Political Taste Open House 2 – Kelas Modular FIKOM USAHID

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top