Peneliti merumuskan beberapa masalah yang dihadapi terkait dengan Determinasi pasarwisata Thailand dengan berdasar pada aspek belanja dan kuliner yang telah memberikan pendapatan serta pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata Thailand. 1) bagaimana langkah determinasi pasar wisatawan yang telah dilakukan oleh pemerintah Thailand untuk menarik wisatawan asing atau domestic, 2) bagaimana langkah membangun pengembangan pasarwisata di Indonesia berdasarkan aspek belanja dan kuliner. Hasil penelitian menunjukan bahwa makanan mennjadi salah satu motivasi wisatawan secara umum, makanan dan wisata merupakan duet yang cukup baik dalam meningkatkan jumlah wisatawan. Hal ini terjadi juga pada wisatawan inbound Indonesia ke Thailand. Terkait dengan wisata kuliner, berdasarkan hasil kuestioner, kesamaan kebiasaan, jenis makanan dan kesamaan budaya menjadi motivasi utama wisatawan Indonesia berkunjung ke Thailand.
KataKunci: Wisatakuliner,WisatawanIndonesia,Thailand
Penulis : Novita Delima Putri, MimaNizma, Syahid
Jurnal : http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/pariwisata