Hadapi Era Digital, Pelatihan Public Speaking Fikom USahid Sukses Bekali Gen Z SMK Jayawisata 2

Loading

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid telah sukses menyelenggarakan pelatihan Public Speaking dengan tema “Be an Attractive and Confident Public Speaker” pada tanggal 10 Juli 2024 di SMK Jayawisata 2 dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Menghadirkan dua pembicara yaitu Meri Safarwati Putri, S.Sos., M.Si, dosen Fakultas Ilmu Komunikasi sekaligus Trainer of Communication dan Rabbani Qoriyansyah, Mahasiswa Fikom Usahid sekaligus Duta Sahabat Keterbukaan Informasi Publik DKI Jakarta 2024.

Pelatihan ini dihadiri oleh lebih dari 100 siswa SMK Jayawisata 2 yang bertujuan membantu para siswa untuk lebih percaya diri dalam menyampaikan ide dan pendapat di depan umum, hal ini penting untuk pengembangan pribadi dan profesional mereka nanti.

Meri Safarwati Putri, S.Sos., M.Si, sebagai Dosen Penanggungjawab sekaligus narasumber menyatakan bahwa kegiatan pelatihan Public Speaking bisa langsung di praktik kan dan pelatihan ini sebagai wujud komitmen Universitas Sahid dalam menyediakan pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan industri. Bahwa dengan pengembangan keterampilan komunikasi,  para siswa dapat belajar bagaimana menyusun dan menyampaikan pesan secara efektif, yang merupakan keterampilan penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

Nur Santi M.Pd, kepala sekolah SMK Jayawisata 2 menambahkan bahwa pelatihan public speaking ini sangat bermanfaat dan meminta para siswa untuk bertanya sebanyak-banyaknya karena kelak menjadi bekal ketrampilan. Di era digital, kemampuan public speaking menjadi salah satu keterampilan esensial yang diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan, baik di bidang pendidikan, profesional, maupun sosial karena para siswa dilatih untuk berpikir secara logis dan kritis dalam merancang naskah pidato atau presentasi. Tjut Chairiyah, guru mata pelajaran MICE juga menyatakan pelatihan public speaking ini berguna sekali terutama untuk siwa-siswi mempersiapkan diri mengikuti lomba, wawancara PKL, wawancara kerja, presentasi dan komunikasi dengan berbagai kalangan.

Baca juga  Lomba Debat Usahid Kita Indonesia Kita

Pelatihan ini membahas mengenai cara bagaimana menjadi Public Speaker yang menarik dan percaya diri. Dengan menggunakan rumus 3E yaitu Educate, Entertain, Explain. Dan 4K yaitu kelola & kuasai diri sendiri, kelola & kuasai materi yang kita bawakan, kelola & kuasai setiap audience, kelola dan kuasai teknik penyajian materi. Pelatihan public speaking ini mendapatkan tanggapan positif dari para peserta karena memberikan kepercayaan diri yang lebih besar untuk berbicara di depan umum. Selain itu, para pembicara dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid juga memberikan apresiasi atas antusiasme dan partisipasi aktif dari para peserta.

Dengan adanya pelatihan ini, para mahasiswa Fikom Usahid dapat menerapkan teori komunikasi yang mereka pelajari di kelas dalam situasi nyata dan meningkatkan pemahaman mereka sendiri serta mengasah keterampilan komunikasi interpersonal dan organisasi mereka saat berinteraksi dengan siswa SMK. Selain itu dengan mengelola pelatihan public speaking ini memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam manajemen acara, pengajaran, dan hubungan masyarakat.

Harapannya pelatihan public speaking tidak hanya bermanfaat bagi para siswa SMK dalam pengembangan keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa praktek Humas dan marketing PR Fikom Usahid untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dan meningkatkan pengalaman profesional.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Hadapi Era Digital, Pelatihan Public Speaking Fikom USahid Sukses Bekali Gen Z SMK Jayawisata 2

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top