USAHID Dukung UMKM Womenpreneur Bogor Dalam Foto Produk dan QRIS

Loading

Tim dosen Universitas Sahid (USAHID) telah mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Foto Produk & QRIS sebagai pembayaran digital pada UMKM Womenpreneur Bogor, pada Senin 25 September 2023 di Fave Hotel Padjajaran. Tim diketuai Annisa Retno Utami, SE., MSM – Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis, yang beranggotakan Kania Ratnasari ST., MIB – Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis serta Fahririn, SH., MH – Dosen Fakultas Hukum.

 

Kegiatan ini didasari adanya kesulitan pelaku usaha dalam membuat foto produk yang belum optimal, karena kurangnya pemahaman teknik pengambilan foto serta styling dalam membuat foto produk yang menarik. Selain itu banyaknya pelaku UMKM yang belum menerapkan QRIS sebagai pembayaran digital dalam melakukan usaha. Sehingga mendorong Tim untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan edukasi dan workshop terkait foto produk dan penerapan QRIS sebagai pembayaran digital usaha.

 

Narasumber Foto Produk bernama Wahyuni seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi melakukan foto produk dengan smartphone. Dalam kesempatan itu Wahyuni mengajarkan cara editing foto dengan mudah yang dihadiri 25 peserta, terdiri dari para pelaku usaha makanan, minuman, fashion dan lainnya. Para peserta mendapatkan properti produk, banner dan xbanner yang dapat digunakan untuk membuat foto produk yang eyecatching dan menarik serta sebagai media promosi dalam melakukan usaha khususnya promosi digital serta QRIS yang dapat digunakan untuk usaha mereka. Pembuatan QRIS disupport oleh Bank BSI South City dan materi mengenai QRIS disampaikan TB Rifki Fahrudin selaku Branch Manager KCP Tangerang South City.

 

Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Tahun 2023 dan didukung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sahid.

Baca juga  Bakti Sosial Jejaring Indonesia Maju, APTISI & LPPM USAHID untuk Warga Terdampak Covid-19

PKM ini menerapkan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dengan melibatkan mahasiswa Azyumardi Arza – Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Fauzi Muhamad Azhar – Fakultas Hukum, yang memberikan pengalaman serta belajar di luar kampus dengan terlibat langsung pada kegiatan ini.

 

Di akhir kegiatan para peserta di minta mempraktekkan dengan menerapkan teknik pengambilan foto yang sudah diberikan. Harapannya para peserta dapat membuat foto produk yang menarik serta menerapkan QRIS sebagai pembayaran digital.

Para peserta berterimakasih dan mengaku mendapatkan banyak manfaat dan ilmu baru dari kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan ini dapat dilakukan berkelanjutan terutama mengenai digitalisasi pada UMKM, agar mereka mampu beradaptasi dalam mengembangkan usaha dan mengikuti perkembangan teknologi di era digitalisasi.###

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

USAHID Dukung UMKM Womenpreneur Bogor Dalam Foto Produk dan QRIS

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top